Pengusaha Muda Perlu Diberi Peluang untuk Berkembang

20121213hal12

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan sambutan saat menjadi pembicara pada Hipmi Economic Outlook 2013 di Hotel The Stone, Kuta, Bali, kemarin.

KUTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap para pengusaha besar dan pemerintah memberikan kesempatan kepada para pengusaha muda dan pemula untuk berkembang.

Pemberian peluang tersebut dinilai penting karena pengusaha muda atau pengusaha pemula diyakini akan menjadi soko guru perekonomian Indonesia pada masa depan. ”Saya optimistis jika para pengusaha muda kompak dan bersatu menciptakan peluang usaha, saya yakin ekonomi Indonesia akan tumbuh dan tidak lama lagi akan berkembang pesat,”ujar Presiden ketika menyampaikan sambutan dalam acara Hipmi Economic Outlook 2013 di Kuta, Bali, kemarin. Presiden dalam kesempatan ini memberikan pidato kunci yang diberi judul ”Kebijakan Pemerintah untuk Pengusaha Pemula dan Pengusaha Daerah”.

Dalam kaitan dengan hal itu,Presiden kembali mengimbau agar usaha di daerah yang nilainya Rp25 miliar ke bawah sebaiknya diberikan kepada pengusaha pemula atau muda. Namun, Presiden juga mengingatkan agar pengusaha muda bekerja lebih keras, gigih, dan pantang menyerah. Sebab, hanya dengan bekal itu mereka kelak bisa jadi pengusaha sukses dan bisa berperan membangun perekonomian nasional. Presiden mengemukakan, melihat perkembangan lima tahun terakhir, proyeksi perekonomian Indonesia tahun depan sesungguhnya dapat diprediksi.

” Kita bisa memperkirakan ekonomi 2013 dengan basis kecenderungan sepanjang tidak ada diskontinuitas, tidak ada kejutan pada perekonomian dunia dan kawasan atau kejutan di dalam negeri,” ujar Kepala Negara. PresidenmemintaHipmimemahami situasi global dan kawasan. Pertumbuhan global diperkirakan akan menurun tahundepan. IMFsemula memprediksi ekonomi akan tumbuh 3,9%, tetapi hal itu dikoreksi menjadi 3,6%.Adapun WTO mengatakan dalam 20 tahun ini rata-rata pertumbuhan perdagangan5,4%, tetapitahundepan diperkirakan hanya 4,5%.

Terkait hal tersebut, Presiden mengajak Hipmi bekerja lebih keras menjaga kinerja perekonomian nasional sekaligus berperan mengatasi permasalahan ekonomi pada tingkat kawasan maupun dunia. Status Indonesia sebagai anggota G-20 dan tahun depan sebagai ketua APEC, menurut Presiden, akan digunakan untuk mendorong dunia agar ekonomi global bukan hanya bertahan, tetapi juga terus tumbuh melebihi perkiraan-perkiraan yang cenderung kurang optimistis dewasa ini.

Sementara itu, Ketua Umum Hipmi Raja Sapta Oktohari berharap pemerintah memberikan berbagai kemudahan dalam berwirausaha. Kemudahan itu di antaranya mencakup legalitas usaha, akses permodalan,dan pasar.”Sudah lama kami terbentur masalah ini,”kata dia. Menurut Okto, Indonesia masih kalah jauh dari Singapura dalam mendorong kemajuan pengusaha muda. Di Singapura, pengurusan badan usaha selesai dalam tempo 15 menit dari waktu 3 hari yang dialokasikan, sedangkan di Indonesia bisa mencapai 47 hari dengan sistem perizinan yang sangat kompleks.

”Karena itu kami minta pemerintah mempercepat,mempermudah, serta mempermurah perizinan. Kalau bisa dalam perizinan pengusaha muda kurang dari seminggu,” ujar Okto. ●miftachul chusna/ant

sumber: http://www.seputar-indonesia.com/news/pengusaha-muda-perlu-diberi-peluang-untuk-berkembang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s