Hatta Rajasa Minta Perguruan Tinggi Cetak Pengusaha Muda

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengajak perguruan tinggi harus terlibat aktif dalam mengisi kekurangan jumlah pengusaha muda di Indonesia dengan menumbuhkan minat kewirausahaan serta pengembangan inkubator bisnis.

“Bangsa ini penting mengembangkan kewirausahaan. Korea dan Jepang konsen dalam pengembangan SDM. Malaysia tahun 70-an menyekolahkan SDM-nya ke ITB untuk membangun negaranya, kita tidak boleh tertinggal,” katanya dalam kuliah umum kewirausahaan di Kampus Unpas,Bandung,Selasa (23/10/2012).

Menurut Hatta perguruan tinggi tanpa kewirausahaan akan memperlebar ketimpangan perekonomian. “Karena  manusianya tidak kreatif akhirnya jadi tamu di negeri sendiri, kita hanya jadi pasar bagi asing,” tegasnya.

Hatta mengajak perguruan tinggi di Jabar untuk bersama-sama mengembangkan Jabar sebagai basis industri kreatifitas. “Apakah animasi,film,kerajinan,apapun namanya yang bersumber dari kreativitas,” tuturnya.

Pihaknya menjanjikan akan memberikan akses pada permodalan bagi industri kreatif yang berasal dari perguruan tinggi.

“Industri kreatif butuh akses pada sumber-sumber pendanaan. Pasar akan terbangun. Saya melihat Rusia bisa mengembangkan industri kreatifnya dan didatangi turis dunia,” ungkapnya.

Menurut Hatta, Bandung bisa menjadi pusat kreativitas tujuan wisatawan dunia yang terlihat dari berkembangnya industri musik, pembuatan kaos, kuliner dan lainnya.

Melihat potensi tersebut, Kementerian Perekonomian mendukung Kota Bandung sebagai pusat ekonomi kreatif khususnya pelaku dari mahasiswa. Rencana itu dilakukan sebagai upaya menumbuhkan wirausaha muda.

“Kita akan membuat ajang ekonomi kreatif mahasiswa yang besar dan akan menjadi role model pengembangan pengusaha,” tutur Hatta.

Dia menyebutkan Indonesia perlu menyontoh Jepang dan Korea yang memiliki banyak entrepreneur dari mahasiswa. Indonesia juga dinilai masih kekurangan jumlah pengusaha muda.

“Pertumbuhan pengusaha ditargetkan 2,5% dari total jumlah penduduk. Jika hal tersebut tercapai, maka Indonesia akan maju. Kampus harus banyak mengambil inisiatif dan momentum bangkitnya perekonomian Indonesia,” ujar Hatta. | sumber: bisnis.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s