Menteri BUMN Dorong Mahasiswa Jadi Pengusaha

TRIBUNNEWS.COM,MALANG– Banyak peluang bisnis yang belum dilirik para pengusaha. Peluang ini bisa dibidik menjadi usaha paling menjanjikan di masa depan.

Hal itu dikemukakan Menteri BUMN, Dahlan Iskan dalam seminar bertema ‘Belum Wisuda Jadi Pengusaha’ di Gedung Inbis Universitas Brawijaya (UB), Sabtu (20/10/2012). Dahlan mencontohkan beberapa peluang yang belum dibidik menjadi usaha adalah solar cell, bisnis anak sapi, dan daging kelinci.

Solar cell adalah salah satu sumber energi yang ramah lingkungan dan sangat menjanjikan pada masa yang akan datang. Dia berharap mahasiswa membidik peluang bisnis ini, karena diperkirakan 2013 bisnis solar cell mulai berkembang. Mahasiswa yang tertarik bisnis ini diminta mempersiapkan diri mulai sekarang.

“Sekarang ini persiapannya sehingga awal 2013 sudah bisa berjalan,” kata Dahlan.

Selain bisnis solar cell, kebutuhan daging yang terpenuhi bisa dimanfaatkan menjadi ladang bisnis. Diakuinya bisnis daging sangat menjanjikan untuk mendapat keuntungan tinggi. Tapi menjamurnya pengusaha daging menyebabkan persaingan semakin ketat.

Mahasiswa bisa membidik bisnis anak sapi. Saat ini jarang ada pengusaha yang melirik bisnis anak sapi. Menurutnya para pengusaha memandang anak sapi yang berusia dibawah dua tahun belum bisa dipastikan hidup atau tidaknya.

“Justru ini yang bisa dibidik menjadi peluang bisnis,” tambahnya.

Atau para mahasiswa membidik bisnis daging kelinci. Dahlan menilai daging kelinci bisa menjadi alternatif memenuhi kebutuhan daging di Indonesia. Berdasar dialog dengan peternak kelinci di Batu, bisnis daging kelinci kurang menjanjikan. Para peternak menilai pengeluaran untuk makanan kelinci tidak sebanding dengan harga jual dagingnya.

“Tapi ternak kelinci sudah bisa dipanen sebelum tiga bulan,” imbuh Dahlan.

Dahlan juga memberi resep agar mudah menjadi pengusaha. Menurutnya mahasiswa yang menjadi masa depan bangsa diharap tidak membuang waktu untuk kebutuhan yang tidak berguna.

“Sudah terlalu banyak orang mengalokasikan waktunya untuk hal yang tidak berguna. Mahasiswa harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya,” terangnya.

sumber: http://www.tribunnews.com/2012/10/20/menteri-bumn-dorong-mahasiswa-jadi-pengusaha

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s